Harga Minyak Dunia Naik Terus, Arab dan Rusia Sepakat Pangkas Produksi

Harga Minyak Dunia

TOPMETRO.NEWS – Harga minyak dunia terus menunjukkan peningkatan harga pada perdagangan Kamis atau Jumat (5/6/2020) waktu Indonesia. Pemicu utamanya lantaran kesepakatan pemangkasan produksi dari negara-negara penghasil minyak utama dunia.

Harga Minyak Dunia Naik 12 Sen

Melansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2020 naik 12 sen menjadi 37,41 dolar Amerika Serikat (AS) per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus 2020 meningkat 20 sen menjadi 39,99 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Saudi Produsen Terbesar

Arab Saudi dan Rusia yang merupakan dua negara produsen minyak mentah terbesar di dunia ingin memperpanjang kesepakatan pemangkasan produksi sebesar 9,7 juta barel per hari yang disepakati OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries), dan negara-negara produsen lainnya yang tergabung dalam OPEC+ sejak April lalu.

Pastkan Tingkat Kepatuhan

Pertemuan OPEC+ yang seharusnya berlangsung Kamis ditunda karena Saudi dan Rusia ingin terlebih dulu memastikan tingkat kepatuhan yang lebih baik dari negara-negara lainnya yang tergabung dalam kesepakatan.

Pertemuan OPEC+ kemungkinan besar baru bisa dilaksanakan pada pertengahan Juni mendatang.

BACA SELENGKAPNYA | Harga Minyak Mentah Dunia Meroket 22 Persen

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, harga minyak mentah secara global dilaporkan meroket 22 persen, Rabu (29/4/2020). Naiknya harga minyak mentah ini lantaran penurunan stok minyak di kilang-kilang penampungan. Tak pelak lagi, membuat harga minya dunia ikut melambung.

Mengutip Reuters, Kamis (30/4/2020), minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI), patokan Amerika Serikat (AS), ditutup melambung 2,72 dolar AS atau 22 persen menjadi 15,06 dolar AS per barel.

reporter | Dpsilalahi
sumber/sumber | suara/ bisnis jateng/Antara/fajar

Related posts

Leave a Comment